Apa itu GB WhatsApp? Apakah GB Whatsapp aman digunakan?

Apa itu GB WhatsApp? Apakah GB Whatsapp Aman digunakan? Rufaro Madamombe asal zimbabwe 1 tahun yang lalu telah menggunakan Whatsapp Messenger setiap harinya.

Namun, pada aplikasi WhatsApp Messenger pada umumnya fitur-fitur yang disediakan sangat terbatas sehingga membuat mereka berpaling untuk menggunakan alternatif lain seperti dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Apa itu GB WhatsApp? Apakah GB Whatsapp aman digunakan?
Salah satu alternatif yang ia gunakan adalah dengan cara menggunakan aplikasi GB WhatsApp yang diklaim mempunyai beragam fitur lebih lengkap dibandingkan dengan Whatsapp Messenger yang resmi.

Dengan demikian, aplikasi GB WhatsApp telah terlihat peningkatan yang signifikan dan menaikkan popularitas saat ini namun apakah aplikasi ini benar-benar aman untuk digunakan?

Mengapa kebanyakan orang menggunakan GB Whatsapp?


Apa itu GB WhatsApp? Apakah GB Whatsapp aman digunakan?

Baiklah, sebelum kita mengetahui dari segi keamanan mari kita lihat terlebih dahulu fitur-fitur yang disediakan oleh GB Whatsapp sehingga kebanyakan orang beralih ke aplikasi pihak ketiga tersebut.

Faktor pembeda yang menonjol GB Whatsapp dengan aplikasi resmi bisa dilihat dari segi tampilannya. Kita dapat mengubah tampilan tema maupun warnanya. Namun fitur itu sebenarnya sudah dimiliki oleh aplikasi custome sebelumnya yang bernama WhatsApp plus.

Sayangnya, pengguna WhatsApp Plus kini sudah dilarang oleh aplikasi resmi WhatsApp dan ini sangat menurunkan popularitas pengguna WhatsApp Plus.

GB WhatsApp datang untuk menggantikan aplikasi WhatsApp Plus dengan menawarkan lebih banyak fitur yang bisa kita gunakan. Fitur-ftur yang disediakan antara lain, GB Whatsapp memungkinkan kita untuk menyembunyikan laporan baca, meninjau gambar/video sebelum kita mempublikasikan, mengirim pesan siaran hingga 600 orang sekaligus dan kita dapat mengirimkan 90 gambar sekaligus.

Modded Aplikasi vs Aplikasi Resmi


Apa itu GB WhatsApp? Apakah GB Whatsapp aman digunakan?

Dari pernyataan diatatas mungkin sebagian orang bertanya "GB Whatsapp ini aman atau tidak?" pertama kita perlu mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana GB WhatsApp dapat menyediakan semua fitur dan keamanan aplikasi tersebut. GB Whatsapp merupakan app modded yang pada dasarnya dibangun dengan tambahan fitur diatas aplikasi resmi melalui beberapa kode programing yang di sisipkan.

Harus kita ingat app modded seperti Whatsapp Plus saat ini sudah dilarang oleh pihak Whatsapp, hal itu disebabkan karena mereka terlalu banyak meng-custome fitur yang ada pada aplikasi resmi sehingga pihak Whatsapp mengkaji ulang apakah aplikasi itu berdampak buruk pada penggunanya.

Lalu bagaimana dengan GB Whatsapp yang kini popularitasnya makin naik?

Kita semua tahu aplikasi Whatsapp Messenger memiliki cirikhas tertentu yang notabene-nya jantung dari aplikasi WhatsApp sendiri. Ciri khas aplikasi WhatsApp sendiri tak lain dan bukan adalah pesan yang di Enkripsi End to End.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel berikut ini mengenai "Kenali Cara kerja Enkripsi End-to-End Whatsapp Messenger Kamu".

Sama halnya dengan modded GB Whatsapp jika aplikasi ini mengotak atik inti dari aplikasi WhatsApp yang dapat merugikan penggunanya maka pihak Whatsapp tidak akan diam dan pasti mereka akan mengambil langkah-langkah tegas salah satunya yang sudah dialami oleh Whatsapp Plus.

Bagaimana dengan GB WhatsApp sebagai aplikasi Modded?


Apa itu GB WhatsApp? Apakah GB Whatsapp aman digunakan?
GB WhatsApp sangat berhati-hati untuk tidak bermain-main dengan enkripsi data yang dimiliki oleh aplikasi resmi.

Apa yang mereka custome hanya memodifikasi beberapa tampilan yang tidak mempengaruhi enkripsi dari WhatsApp itu sendiri.

Beberapa fitur yang didesain ulang menjadi lebih unik dan lebih menarik dibandingkan dengan Aplikasi resmi.

Gambarannya seperti ini, mereka memodifikasi file yang tersimpan pada memori hp kita seperti tampilan dan lain sebagainya namun untuk urusan enkripsi pesan hanya pihak Whatsapp yang mengelola.

Sebagai contoh, seperti jumlah gambar yang dapat kita kirim. Kita dapat mengendalikannya melalui memori internal, pada saat kita ingin mengirimnya ke rekan-rekan kita server WhatsApp akan terfokus pada enkripsi data mereka.

Jadi intinya para pengembang GB Whatsapp hanya mengubah beberapa beberapa tampilan yang ada pada memori hp kita.

Hanya saja memberikan perintah kepada server untuk mengirim 90 gambar ke 30 orang pengguna dan server resmi tidak tahu menahu, yang server resmi lakukan hanya mengenkripsi data tersebut kemudian diteruskan ke si penerima pesan.

Mungkin kita sedikit lebih mengerti bagaimana cara kerja GB Whatsapp, lalu kita masuk ke topik permasalahan. Apakah aman GB Whatsapp digunakan?

Apakah GB Whatsapp aman untuk digunakan?

Apa itu GB WhatsApp? Apakah GB Whatsapp aman digunakan?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita kembali lagi ke cara kerja diatas. Menurut kami, jika para pengembang  GB Whatsapp tidak melanggar atau mengubah enkripsi dari aplikasi resmi dan tidak membahayakan pengguna sah sah saja.

Nyatanya banyak pengguna aplikasi GB Whatsapp yang sampai saat ini masih belum menerima teguran langsung dari aplikasi resmi.

Namun jika dilihat dari sisi lain, aplikasi ini bisa saja tidak aman, masa iya aplikasi sekece ini bisa di download secara gratis. Dalam kasus ini, anda dan saya mungkin tidak tahu yang pengembang GB Whatsapp ini lakukan.

Misalnya mereka mungkin menyisipkan kode untuk memata-matai kita. Mereka bisa saja melakukan semua itu karena kita telah memberi izin aplikasi ini untuk mengakses mikrofon, kontak, memori penyimpanan dan lain sebagainya.

Tentu saja, WhatsApp resmi bisa melakukan hal tersebut tetapi karena mereka adalah sebuah perusahaan sehingga mereka dianggap lebih tinggi tingkat akuntabilitas dalam dalam hal pengembangan aplikasi tersebut demi menjaga keamanan bagi penggunannya.

Argumen lain tentang aplikasi GB WhatsApp tidak aman 

Apa itu GB WhatsApp? Apakah GB Whatsapp aman digunakan?
Ada beberapa argumen lain trntsng aplikasi GB Whatsapp. Pada dasarnya ketika kita ingin mengembangkan sebuah aplikasi tertentu tujuannya adalah agar kita mendapatkan jumlah pengguna aplikasi yang kita kembangkan.

Salah satu wadah untuk mempromosikan aplikasi tersebut dengan cara mendaftarkan di GooglePlay.

Dalam kasus ini, mungkin mereka tidak ingin mempublikasikan GB Whatsapp ke GooglePlay karena pihak GooglePlay melihat itu adalah perusahan ilegal yang hanya bisa mendaur ulang aplikasi resmi-nya. Atau mungkin juga bahwa mereka sudah mengetahui aplikasi tersebut tidak lulus pemerikasaan keamanan dari GooglePlay karena memiliki kode kode yang dapat merugikan penggunanya.

Atau saja mereka ingin memata-matai kita jika kita menggunakan aplikasi GB Whatsapp sedangkan kita tidak tahu jika mereka melakukan hal tersebut. Jadi gunakan argumen apabila kita ingin meng Install aplikasi GB WhatsApp.

Kesimpulannya : Dari beberapa argumen diatas kita dapat mempertimbangkan apakah aplikasi GB Whatsapp itu aman untuk digunakan. Kalau menurut kami sih tetap menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger yang resmi karena sudah teruji akuntabilitas dari segi pengembang. 

Menurut kalian gimana guys? Apakah GB Whatsapp ini aman digunakan? Apa tanggapan kalian, tulis komentar dibawah ini ya guys.
Load comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel